Latest News

Festival Museum Nusantara

Advertisement

Managemen Taman Mini Indonesia Indah pada tahun 2010 ini membuka festival museum nusantara  “Pemerintah pada 30 Desember 2009 mencanangkan Tahun Kunjung Museum. Kami mengaplikasikannya dengan melaksanakan festival museum nusantara,” Manajer Informasi TMII J Purnawijaya Alibasa yang didampingi Jerry Lahama, humas TMII.
Pembukaan festival museum nusantara sebagai pertanda dimulainya rangkaian kegiatan tersebut dilakukan oleh Deputi Menteri Pariwisata Suryo Yugo, mewakili menteri Pariwisata di museum Taman Mini. Acara pembukaan diisi dengan kegiatan pameran berbagai benda koleksi museum yang ada di TMII, aneka lomba anak, pentas seni murid-murid SD dan hiburan seni tradisional, serta peninjauan ke lima museum.
Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai beraneka ragam budaya yang sangat perlu untuk di lestarikan jangan sampai anak bangsa tidak tahu budayanya sendiri, bahkan jangan sampai budaya kita ini diakui oleh negara lain seperti Reok Ponorogo dan batik kemarin.Dengan adanya festival museum nusantara ini mari kita Kenali bangsa dengan mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah.
Pada acara festival museum nusantara kali ini saya ingin mengupas tentang museum nusantara yang berada di TMII yaitu museum bayt al quran dan istiqlal, di dalam museum ini terdapat karya-karya unggulan para ulama dan intelektual muslim Nusantara sejak abad ke-17 sampai abad ke-20 yang bernilai historis dapat disaksikan di sini. Warisan budaya berupa mushaf, manuskrip Al Qur’an, arsitektur, seni rupa islami yang memiliki keindahan seni juga tersimpan. Bayt al Qur’an & Museum Istiqlal, memang menghadirkan pesona untuk direnungkan.
Ruang pamer Bayt al-Qur’an terdapat beragam seni mushaf dari dalam dan luar negeri, seperti Mushaf Istiqlal yang menjadi primadona pada Festival Istiqlal II 1995, Mushaf Wonosobo, yang merupakan terbesar hasil kreasi dua orang santri Pondok Pesantren al- Asy’ariah, Wonosobo, Jawa Tengah, Mushaf Sundawi yang menampilkan iluminasi ragam hias khas Jawa Barat, dan Mushaf Malaysia yang menampilkan iluminasi ragam khas Malaysia.
Ruang peraga Museum Istiqlal memamerkan benda-benda budaya yang telah berabad-abad lamanya, menembus peradaban suku, bahasa, daerah, dan adat istiadat di Indonesia. Kejayaan historis masa lalu dan masa kini berbaur dalam suatu peristiwa. Manuskrip al-Qur’an, benda-benda tradisi dan warisan, arsitek, seni rupa kontemporer, serta benda islami lainnya, semua tersimpan di sini, sebagai hasil implementasi dan implikasi budaya yang bersumber dari al-Qur’an.sumber : festival museum nusantara

Peringatan :

Terimah Kasih Telah Membaca Artikel Festival Museum Nusantara. Artikel Ini Dilindungi oleh DMCA.Jadi Jika Anda ingin Copas Artikel ini, Tolong Dengan LINK SUMBER

INI LINK SUMBER NYA :

thumbnail Title: Festival Museum Nusantara
Posted By :Santri Ndeso
Pada :2010-03-01T11:04:00+07:00
Rating : 3.5
Reviewer : 99 Reviews
Festival Museum Nusantara

5 komentar:

  1. Semoga sukses dengan festivalnya ya.. sudah selayaknya kita turu mendukungnya

    BalasHapus
  2. Review yang bagus sob.. jadi pingin lihat2 juga nih.. padahal tahun kemarin baru dari sna.

    BalasHapus
  3. @saung web : Makasih Bos sukses juga buat Saung Web
    @Dofollow Blog Community : Thanks

    BalasHapus
  4. jadi pengen liat ke sana...

    doain ya !

    BalasHapus
  5. @toko online : Thanks, dah mampir, ya amiiin.

    BalasHapus